Warnaislam Menebar Spirit Islam

bendera tauhid islam

islam-jalan-hidup-way-of-lifeSPIRIT adalah semangat, kekuatan, gairah, atau antusiasme dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam hal ibadah ritual seperti sholat, zakat, ibadah, puasa, dan haji maupun dalam hal ibadah sosial –pengamalan syariat Islam dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, hankam, dan budaya.

Menebar spririt Islam adalah upaya Islamiyah, untuk memberikan pemahaman dan motivasi dalam beramal saleh, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, demi menggapai keridhoan-Nya (mardhotillah).

Dakwah menjadi kewajiban individual (fardhu ‘ain) karena setiap otomatis harus menjadi jurudakwah, bagi dirinya, keluarganya, dan masyarakatnya.

Urgensi menebar spirit Islam itu kian terasa belakangan ini, seiring dengan fenomena sosial-kemasyarakatan yang tampak kian kehilangan arah. Setidaknya, pertarungan antar kebanaran (al-haq) dan kebatilan (al-bathil), antara kebaikan (ma’rufat) dan kemunkaran (munkarot), kian jelas di depan mata.

Dakwah marak, kemaksiatan juga marak. Dakwah “yang lembut” kian digemari, namun aksi-aksi kekerasan dan anarkisme kian tidak terbendung.

Lembaga-lembaga dengan klaim menjunjung tinggi demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan keadilan bermunculan, namun aksi-aksi anti-demokrasi, anti-HAM, dan anti-keadilan yang jelas di depan mata, seperti kebrutalan dan barbarianisme Israel di Palestina, tidak terbendung.

Supremasi hukum kian menggema, namun mafia peradilan dan kasus-kasus melawan hukum justru marak di lembaga peradilan atau di kalangan aparat hukum sendiri.

Semua kekacauan itu hakikatnya adalah ujian.

“Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka, siapakah di antara mereka yang terbaik amalnya” (QS. Al-Kahfi [18]:7).

Karena merupakan ujian, maka di dunia ini terus-menerus terjadi pertarungan antara hak dan batil.

bendera tauhid islamPertarungan antara hak dan batil, yang merupakan sunnatullah, akan terus berlangsung hingga kehidupan dunia ini berakhir. Hak adalah kebenaran yang datang dari Yang Mahabenar, yakni Allah SWT.

Sebaliknya, kebatilan adalah paham, ajaran, atau perilaku yang bertentangan dengan atau melanggar Syariat Islam.

Pertarungan hak dan batil terjadi di semua sektor kehidupan. Bahkan dalam diri kita sendiri, terjadi persaingan ketat antara kebaikan dan keburukan, pengaruh iman dan bisikan hawa nafsu-setan, pengaruh teman baik dan teman jahat, dan sebagainya.

Fondasi akidah yang kokoh akan mendorong kita mengikuti arus kebaikan. Mari perkokoh akidah, menebar spirit Islam dalam diri kita, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Insya Allah, warnaislam.or.di (WI) hadir untuk turut berdakwah menebar spirit Islam di kalangan umat Islam. Amin…!

Related Post

Warna Islam: Satu Islam Banyak Muslim Warna keislaman seseorang berbeda satu sama lain, sesuai dengan tingkat keimanan dan pemahaman keislamannya. ISLAM itu satu, Muslim banyak. Islam a...
60 Pintu Pahala Penghapus Dosa 60 Pintu Pahala Penghapus Dosa Manusia tempatnya salah dan lupa. Al-Insan mahalul khata wan-nisyan. Demikian pepatah Arab. Manusia adalah makhluk...
Da’wah Bil Qolam, Dakwah Melalui Tulisan Da'wah Bil Qolam atau Da'wah Bil Kitabah adalah dakwah melalui tulisan. Menulis merupakan warisan para ulama salaf. Tanpa hasil karya tulisan merek...
Pengertian Amal Saleh dan Jenis-Jenis Kebaikan da... Amal saleh (shalih, soleh) adalah perbuatan baik dalam pandangan Islam. Amal saleh akan mengundang rahmat Allah SWT dan mendatangkan rasa damai dalam ...

1 Comment

  1. Insya Allah… Amin….

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Kembali ke Atas